Senin, 08 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL 4 (TEMA : WIRAUSAHA)


EKO SALON "PROFESSIONAL HAIR STYLE"

a.      Tahun dan Nama Pengarang
1.      Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Salemba Empat, Jakarta, 1995.
2.      Pearce II, J.A. and R.B. Robinson, Jr., Strategic Management : Formulation, Implementation, and Control, 4 th Edition, Boston, Richard D. Irwin Inc., 1991.
3.      Radiosunu, Manajemen Pemasaran, Suatu Pendekatan Analisis, edisi kedua, BPFE, Yogyakarta, Oktober, 1987.

b.      Judul
EKO SALON “PROFESSIONAL HAIR STYLE”

c.       Latar Belakang
Pada masa ekonomi saat ini pada umumnya kota-kota besar banyak didirikan berbagai jenis usaha baik yang bergerak dibidang jasa maupun di bidang perdagangan. Jenis-jenis usaha pun bervariasi untuk dapat menarik konsumen atau pelanggan. Mengingat begitu ketatnya persaingan usaha dikota-kota besar para produsen atau pemilik usaha tersebut harus dapat memancing minat para konsumen atau pelanggan untuk dapat memakai jasa ataupun membeli produk yang mereka berikan.
Penawaran jasa merupakan salah satu bentuk bidang usaha yang begitu banyak ragamnya.dari jasa transportasi, jasa pengiriman, sampai pada jasa perawatan tubuh. Salon merupakan salah satu contohnya. Pada pikiran awam memandang bahwa salon identik dengan konsumen wanita, namun kini pemikiran tersebut telah ditampik karena dewasa ini pelanggan salon tidak hanya diperuntukan bagi kaum wanita, tetapi juga bagi kaum pria. Apalagi bagi kaum remaja yang menginginkan tampil baru dengan gaya yang baru pula tentunya dan mereka-mereka inilah yang memakai jasa salon.
Dewasa ini banyak salon-salon yang bermunculan terutama dikota-kota besar. Untuk itu banyak dari mereka yang melakukan berbagai strategi-strategi atau trik-trik untuk menarik konsumen agar dapat bersaing dengan para pesaingnya dan dapat tetap bertahan. Mereka menawarkan fasilitas-fasilitas pelayanan, maupun paket-paket dengan harga yang beranekaragam dengan tujuan menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Mereka juga melakukan pelayanan yang berbeda-beda untuk memuaskan konsumennya, karena kepuasan konsumen merupakan aspek yang sangat penting sebab aspek inilah yang menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah usaha terutama usaha yang begerak dibidang jasa .Selain faktor-faktor diatas masih ada lagi poin-poin penting yang harus diperhatian bagi pemilik salon agar dapat besaing dengan usaha-usaha sejenis lainnya antara lain lokasi usaha yang baik agar mudah diakses pelanggannya, promsi yang efekitf untuk mendongkrak tingkat penjualan, tenaga kerja yang terampil yang sangat menguasai bidangnya dan masih banyak lagi faktor-faktor yang lainnya. EKO SALON “PROFESSIONAL HAIR STYLE” merupakan salah satu salon diantaranya.EKO SALON “PROFESSIONAL HAIR STYLE” adalah usaha yang bergerak dibidang jasa yang sudah berdiri selama 7 tahun, tentunya ada strategi-strategi tersendiri yang telah dilakukan oleh perusahan ini hingga dapat bertahan selama itu.

d.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan sebelumnya, dapat disimpulkan strategi pemasaran merupakan aspek yang sangat penting untuk kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Dan berdasarkan pada hal tersebut pula penulis merumuskan masalah sebagai berikut : Bagaimana strategi pemasaran yang diambil oleh perusahaan dalam memasuki pasar persaingan?

e.       Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian terhadap perusahaan ini adalah:
1.      Mengetahui strategi apa saja yang diambil oleh perusahaan agar dapat bertahan pada pasar persaingan.
2.      Menganalisis seberapa besar kekuatan dan kelemahan perusahaan serta seberapa besar pula peluang dan ancaman yang dihadapinya.

f.       Metodologi Penelitian
1.      Metode pengumpulan data
2.      Data yang digunakan
3.      Metode analisis

g.      Pembahasan
1.      Gambaran Umum Perusahaan EKO SALON
Gambaran secara umum prusahaan EKO SALON “Professional Hair Style” menggambarkan mengenai sejarah berdirinya, struktur organisasi, serta pelayanan yang diberikan.

2.      Sejarah berdirinya dan perkembangan EKO SALON
EKO SALON “Professional Hair Style” adalah salah satu perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang kecantikan dalam hal penataan rambut (styling), perawatan rambut dan kulit kepala, perawatan muka, perawatan tubuh dan tata rias wajah (make up). Perusahaan ini berdiri sejak tanggal 06 Agustus 1999, yang beralamat di BLOK B-21 Ruko Pondok Gede Plaza, Pondok Gede - Bekasi. Nama EKO SALON sendiri tertuang atas prakarsa pendirinya yaitu Bambang Eko N. Pada awal berdirinya , EKO SALON hanya mempunyai 6 (enam) orang team. Sebagai owner sekaligus leader team Eko selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada setiap tamu salon. Hal tersebut yang selalu menjadi kunci dari seluruh Team EKO SALON dalam bekerja. Semua dalam satu tujuan yaitu kepuasan pelanggan / Customer Satisfaction.
Dalam perkembangannya Eko salon berusaha memberikan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasanya, sehingga pada tanggal 16 Mei 2003 berdirilah E2 SALON, yang beralamat di BLOK C-06 Ruko Pondok Gede Plaza, Pondok Gede. Outlet salon ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terhadap segmen Customer yang lain. Karena di E2 SALON juga memberikan jasa BRIDAL dengan menawarkan beragam paket untuk pernikahaan.
Dalam outlet salon yang berbeda ini EKO SALON Management mencoba memberikan nuansa yang berbeda walaupun dengan tujuan yang sama. Dengan Standarisasi kerja yang telah ditetapkan diharapkan setiap team Art EKO SALON selalu memberikan nilai lebih dari sekedar keinginan / harapan setiap customer.

3.      Strategi Promosi
Dalam memasarkan produk-produknya , EKO SALON melakukan berbagai upaya-upaya promosi untuk meningkatkan tingkat penjualannya. Adapun kegiatan-kegiatan promosi yang dilakukan adalah melalui : pengiklanan, promosi penjualan, dan Hubungan masyarakat (Public Relations).
Pengiklanan dilakukan melalui media-media seperti : surat kabar MEDIA INDONESIA, majalah RIAS, majalah SALON PRO, majalah DEWI, selain itu pengiklanan juga dilakukan dengan cara menyebarkan pamflet-pamflet, pemasangan spanduk di lokasi-lokasi yang strategis.
Promosi penjualan dilakukan EKO SALON dengan cara diadakannya program be @ member. Dimana dengan mengikuti program ini konsumen mendapatkan berbagai kemudahan-kemudahan bahkan berbagai bonus atau hadiah. Program ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk mempertahankan konsumen agar tetap setia menggunakan jasa perusahaan. Program “Be @ Member” itu sendiri adalah program dimana konsumen dapat menjadi member atau anggota dengan berbagai kemudahaan serta keuntungankeuntungan tersendiri yang tidak didapatkan oleh konsumen yang tidak mengikuti program ini.

h.      Hasil
1.      Kesimpulan
Dari lingkungan jauh (Remote Environment), perusahaan jasa EKO SALON dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta tren yang sedang berkembang. Dari segi lingkungan industri (Industry Environment), perusahaan mengahadapi suatu keadaan dengan karakteristik : adanya ancaman dari pendatang baru, kekuatan tawar menawar pembeli yang kurang dominan, serta  jumlah pesaing yang harus diwaspadai.
Dari segi lingkungan operasional (Operating Environment), terlihat bahwa untuk masa yang akan datang perusahaan mempunyai pasar konsumen yang sangat potensial, selain itu perusahaan harus mewaspadai adanya ancamanancaman yang datang dari perusahaan-perusahaan pesaing.

2.      Saran
Untuk strategi selanjutnya perusahaan dapat menggunakan strategi pemasaran yang lebih agresif dan berorientasi pada pertumbuhan dengan cara mengembangkan pasar secara intensif melalui kegiatan promosi terutama dengan pengiklanan, sehingga keberadaan perusahaan dan produk dapat lebih luas dikenal oleh masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah pelanggan.
Untuk mendukung strategi tersebut , kualitas Sumber Daya Manusianya terutama pada bagian pemasaran agar lebih ditingkatkan lagi baik dalam pengetahuan pada bidang tersebut maupun kemampuan dan keterampilannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar