EKO SALON "PROFESSIONAL HAIR STYLE"
a.
Tahun dan
Nama Pengarang
1.
Kotler,
Philip, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan
Pengendalian, Salemba Empat, Jakarta, 1995.
2.
Pearce
II, J.A. and R.B. Robinson, Jr., Strategic Management : Formulation,
Implementation, and Control, 4 th Edition, Boston, Richard D. Irwin Inc., 1991.
3.
Radiosunu,
Manajemen Pemasaran, Suatu Pendekatan Analisis, edisi kedua, BPFE, Yogyakarta,
Oktober, 1987.
b.
Judul
EKO SALON “PROFESSIONAL HAIR STYLE”
c.
Latar Belakang
Pada
masa ekonomi saat ini pada umumnya kota-kota besar banyak didirikan berbagai
jenis usaha baik yang bergerak dibidang jasa maupun di bidang perdagangan.
Jenis-jenis usaha pun bervariasi untuk dapat menarik konsumen atau pelanggan.
Mengingat begitu ketatnya persaingan usaha dikota-kota besar para produsen atau
pemilik usaha tersebut harus dapat memancing minat para konsumen atau pelanggan
untuk dapat memakai jasa ataupun membeli produk yang mereka berikan.
Penawaran jasa
merupakan salah satu bentuk bidang usaha yang begitu banyak ragamnya.dari jasa
transportasi, jasa pengiriman, sampai pada jasa perawatan tubuh. Salon
merupakan salah satu contohnya. Pada pikiran awam memandang bahwa salon identik
dengan konsumen wanita, namun kini pemikiran tersebut telah ditampik karena
dewasa ini pelanggan salon tidak hanya diperuntukan bagi kaum wanita, tetapi
juga bagi kaum pria. Apalagi bagi kaum remaja yang menginginkan tampil baru
dengan gaya yang baru pula tentunya dan mereka-mereka inilah yang memakai jasa salon.
Dewasa ini
banyak salon-salon yang bermunculan terutama dikota-kota besar. Untuk itu
banyak dari mereka yang melakukan berbagai strategi-strategi atau trik-trik
untuk menarik konsumen agar dapat bersaing dengan para pesaingnya dan dapat
tetap bertahan. Mereka menawarkan fasilitas-fasilitas pelayanan, maupun
paket-paket dengan harga yang beranekaragam dengan tujuan menarik konsumen
sebanyak-banyaknya. Mereka juga melakukan pelayanan yang berbeda-beda untuk
memuaskan konsumennya, karena kepuasan konsumen merupakan aspek yang sangat
penting sebab aspek inilah yang menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah usaha
terutama usaha yang begerak dibidang jasa .Selain faktor-faktor diatas masih
ada lagi poin-poin penting yang harus diperhatian bagi pemilik salon agar dapat
besaing dengan usaha-usaha sejenis lainnya antara lain lokasi usaha yang baik
agar mudah diakses pelanggannya, promsi yang efekitf untuk mendongkrak tingkat
penjualan, tenaga kerja yang terampil yang sangat menguasai bidangnya dan masih
banyak lagi faktor-faktor yang lainnya. EKO SALON “PROFESSIONAL HAIR STYLE”
merupakan salah satu salon diantaranya.EKO SALON “PROFESSIONAL HAIR STYLE”
adalah usaha yang bergerak dibidang jasa yang sudah berdiri selama 7 tahun,
tentunya ada strategi-strategi tersendiri yang telah dilakukan oleh perusahan
ini hingga dapat bertahan selama itu.
d.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah dipaparkan sebelumnya, dapat disimpulkan strategi
pemasaran merupakan aspek yang sangat penting untuk kelangsungan hidup sebuah
perusahaan. Dan berdasarkan pada hal tersebut pula penulis merumuskan masalah
sebagai berikut : Bagaimana strategi pemasaran yang diambil oleh perusahaan
dalam memasuki pasar persaingan?
e.
Tujuan
Penelitian
Tujuan dari
penelitian terhadap perusahaan ini adalah:
1.
Mengetahui
strategi apa saja yang diambil oleh perusahaan agar dapat bertahan pada pasar
persaingan.
2.
Menganalisis
seberapa besar kekuatan dan kelemahan perusahaan serta seberapa besar pula
peluang dan ancaman yang dihadapinya.
f.
Metodologi
Penelitian
1.
Metode
pengumpulan data
2.
Data
yang digunakan
3.
Metode
analisis
g.
Pembahasan
1.
Gambaran Umum Perusahaan EKO SALON
Gambaran secara
umum prusahaan EKO SALON “Professional Hair Style” menggambarkan mengenai
sejarah berdirinya, struktur organisasi, serta pelayanan yang diberikan.
2.
Sejarah berdirinya dan perkembangan EKO SALON
EKO SALON
“Professional Hair Style” adalah salah satu perusahaan jasa yang bergerak dalam
bidang kecantikan dalam hal penataan rambut (styling), perawatan rambut dan
kulit kepala, perawatan muka, perawatan tubuh dan tata rias wajah (make up). Perusahaan
ini berdiri sejak tanggal 06 Agustus 1999, yang beralamat di BLOK B-21 Ruko
Pondok Gede Plaza, Pondok Gede - Bekasi. Nama EKO SALON sendiri tertuang atas
prakarsa pendirinya yaitu Bambang Eko N. Pada awal berdirinya , EKO SALON hanya
mempunyai 6 (enam) orang team. Sebagai owner sekaligus leader team Eko selalu berusaha
memberikan yang terbaik kepada setiap tamu salon. Hal tersebut yang selalu menjadi
kunci dari seluruh Team EKO SALON dalam bekerja. Semua dalam satu tujuan yaitu
kepuasan pelanggan / Customer Satisfaction.
Dalam
perkembangannya Eko salon berusaha memberikan yang terbaik kepada seluruh
pengguna jasanya, sehingga pada tanggal 16 Mei 2003 berdirilah E2 SALON, yang
beralamat di BLOK C-06 Ruko Pondok Gede Plaza, Pondok Gede. Outlet salon ini bertujuan
untuk memberikan pelayanan terhadap segmen Customer yang lain. Karena di E2
SALON juga memberikan jasa BRIDAL dengan menawarkan beragam paket untuk pernikahaan.
Dalam outlet
salon yang berbeda ini EKO SALON Management mencoba memberikan nuansa yang
berbeda walaupun dengan tujuan yang sama. Dengan Standarisasi kerja yang telah
ditetapkan diharapkan setiap team Art EKO SALON selalu memberikan nilai lebih
dari sekedar keinginan / harapan setiap customer.
3.
Strategi Promosi
Dalam memasarkan
produk-produknya , EKO SALON melakukan berbagai upaya-upaya promosi untuk
meningkatkan tingkat penjualannya. Adapun kegiatan-kegiatan promosi yang
dilakukan adalah melalui : pengiklanan, promosi penjualan, dan Hubungan
masyarakat (Public Relations).
Pengiklanan dilakukan
melalui media-media seperti : surat kabar MEDIA INDONESIA, majalah RIAS,
majalah SALON PRO, majalah DEWI, selain itu pengiklanan juga dilakukan dengan
cara menyebarkan pamflet-pamflet, pemasangan spanduk di lokasi-lokasi yang
strategis.
Promosi penjualan
dilakukan EKO SALON dengan cara diadakannya program be @ member. Dimana dengan
mengikuti program ini konsumen mendapatkan berbagai kemudahan-kemudahan bahkan
berbagai bonus atau hadiah. Program ini merupakan salah satu upaya perusahaan
untuk mempertahankan konsumen agar tetap setia menggunakan jasa perusahaan.
Program “Be @ Member” itu sendiri adalah program dimana konsumen dapat
menjadi member atau anggota dengan berbagai kemudahaan serta
keuntungankeuntungan tersendiri yang tidak didapatkan oleh konsumen yang tidak
mengikuti program ini.
h.
Hasil
1.
Kesimpulan
Dari lingkungan
jauh (Remote Environment), perusahaan jasa EKO SALON dipengaruhi oleh
pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta tren yang sedang berkembang. Dari
segi lingkungan industri (Industry Environment), perusahaan mengahadapi suatu
keadaan dengan karakteristik : adanya ancaman dari pendatang baru, kekuatan
tawar menawar pembeli yang kurang dominan, serta jumlah pesaing yang harus diwaspadai.
Dari segi lingkungan operasional
(Operating Environment), terlihat bahwa untuk masa yang akan datang perusahaan
mempunyai pasar konsumen yang sangat potensial, selain itu perusahaan harus
mewaspadai adanya ancamanancaman yang datang dari perusahaan-perusahaan
pesaing.
2.
Saran
Untuk strategi
selanjutnya perusahaan dapat menggunakan strategi pemasaran yang lebih agresif
dan berorientasi pada pertumbuhan dengan cara mengembangkan pasar secara
intensif melalui kegiatan promosi terutama dengan pengiklanan, sehingga
keberadaan perusahaan dan produk dapat lebih luas dikenal oleh masyarakat yang
pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah pelanggan.
Untuk mendukung strategi tersebut ,
kualitas Sumber Daya Manusianya terutama pada bagian pemasaran agar lebih
ditingkatkan lagi baik dalam pengetahuan pada bidang tersebut maupun kemampuan
dan keterampilannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar