ANALISIS ANTRIAN NASABAH PADA PT. BANK INDEX SELINDO CABANG BOGOR
a. Tahun
dan Nama Pengarang
1.
T. Hani Handoko, Manajemen, edisi kedua, Yogyakarta : Penerbit BPFE, 2003.
2.
Tju Tju Tarliah Dimyati dan Ahmad
Dimyati, Riset Operasi ( Operations
Research ) Model-Model Pengambilan Keputusan, Jakarta : Penerbit Sinar Baru
Al Gesindo, 2003.
3.
Pangestu Subagyo, Marwan Asri dan T.
Hani Handoko, Dasar-Dasar Riset
Operasi ( Operations Research ), edisi
kedua, Yogyakarta : Penerbit BPFE, 1995.
b. Judul
“ANALISIS
ANTRIAN NASABAH PADA PT. BANK INDEX SELINDO CABANG BOGOR”.
c. Rumusan
Masalah
Dalam hal ini
penulis ingin membahas bagaimana proses antrian yang terjadi pada Bank Index
Selindo dengan menggunakan metode antrian yaitu Multi Channel - Single Phase untuk menentukan jumlah teller optimal
yang sebaiknya dioperasikan pada hari kerja.
d. Motivasi
Adapun yang menjadi
tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk menganalisis
antrian pada teller.
2. Untuk menentukan
jumlah teller yang sebaiknya dioperasikan pada hari kerja.
e. Metodologi Penelitian
1. Objek Penelitian
Penelitian
dilakukan pada Bank Index Selindo cabang Bogor yang bertempat di Jl. Surya
Kencana No. 199 ( Bogor ). Dalam hal ini objek penelitian adalah para nasabah pada
Bank Index Selindo Cabang Bogor.
2. Metode Pengumpulan Data
Di
dalam penyusunan penulisan ilmiah ini penulis memerlukan sumber sumber data
yang erat kaitannya dengan judul penulisan ilmiah ini. Adapun metode penulisan
yang digunakan adalah sebagai berikut :
a. Observasi, dengan mendatangi objek yang bersangkutan
untuk mendapatkan data yang diperlukan.
b. Wawancara yaitu
dengan mendatangi dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada salah satu karyawan
untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.
3.
Hipotesis
Diasumsikan di
bagian teller pada Bank Index Selindo Cabang Bogor dapat melayani nasabah
secara optimal dengan 3 teller.
f.
Pembahasan
1. Data dan Profil Objek Penelitian
Pada
saat ini Bank Index Selindo Cabang Bogor memiliki kurang lebih 22.374 nasabah.
rata-rata tiap bulannya nasabah yang aktif melakukan transaksi hanya 19.261
nasabah. Bank Index Selindo tidak hanya melayani nasabah cabang yang
bersangkutan, tetapi juga melayani nasabah dari cabang lain ataupun masyarakat
umum yang memanfaatkan jasa pelayanan Bank Index Selindo cabang Bogor.
Bank
Index Selindo merupakan salah satu bank
yang sedang berkembang sehingga banyak transaksi yang harus dilayani dengan
baik dan memuaskan nasabahnya. Hal tersebut menimbulkan suatu antrian. Antrian
merupakan salah satu masalah dalam system pelayanan pada Bank Index Selindo,
karena hal tersebut berkaitan dengan kepuasan pelayanan kepada nasabah.
Berdasarkan analisa yang dilakukan, maka kondisi pada hari
sibuk Bank Index Selindo cabang Bogor biasanya terjadi pada hari Senin dan
Jum’at. Sedangkan pada hari Selasa, Rabu dan Kamis merupakan kondisi hari biasa
bank Index Selindo Cabang Bogor dan antrian yang terjadi tidak terlalu panjang
atau mulai berkurang.
Dalam memberikan pelayanan Bank Index Selindo Cabang Bogor
menyediakan 3 teller selama 6 jam ( 09.00 – 12.00 dan 13.00 – 16.00 ) per hari
kerja ( Senin – Jum’at ). Pada hari sibuk dan hari biasa sama-sama dioperasikan
3 ( tiga ) buah teller dengan satu orang karyawan bertanggung jawab atas satu
teller.
2. Analisa Hasil Perhitungan antara Mengoperasikan
3 buah Teller dengan 4 buah Teller
Jadi dengan mengoperasikan 3 teller di Bank Index Selindo Cabang Bogor
kurang optimal untuk melayani nasabahnya. Dengan mengesampingkan faktor biaya
yang dikeluarkan oleh bank maupun dari nasabah, maka sebaiknya Bank Index
Selindo Cabang Bogor mengoperasikan 4 teller.
g. Hasil
1. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan pada bab sebelumnya, maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Jumlah teller yang disediakan Bank Index Selindo Cabang Bogor belum
optimal dan diperlukan tambahan teller baru karena terjadi perbedaan yang cukup besar dalam antrian.
2. Saran
Dengan hasil yang didapat perlu direkomendasikan kepada bank Index
Selindo cabang Bogor untuk menambah teller baru, karena jumlah teller yang
disediakan belum mampu mengatasi antrian nasabah. Selain itu Bank Index Selindo
Cabang Bogor harus meningkatkan pemasaran produk - produk bank untuk meningkatkan jumlah
nasabah dan mengoptimalkan karyawan teller, dan sebaiknya Bank Index Selindo
cabang Bogor menambah 1 ( satu ) buah teller menjadi 4 buah teller.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar